Senin, 22 Jul 2024
  • Welcome to the SDIT Tunas Harapan Ilahi's webpage. We hope you enjoy exploring our website.

Tips menghadapi ujian : “Man Jadda Wajada”

Pada dasarnya, tidak ada perbedaan antara penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester ataupun penilaian akhir tahun. Prinsipnya sama, berisi soal-soal dari materi yang telah dipelajari untuk menguji seberapa paham siswa mengenai materi tersebut. Yang membuat ketiganya berbeda adalah materi yang diujikan.

Penilaian harian biasanya hanya seputar materi yang sudah dijelaskan guru selama beberapa pertemuan. Penilaian semester dilaksanakan di tengah semester (PTS), akhir semester (PAS) dan akhir tahun (PAT). Materi yang diujikan tentu lebih banyak dari ulangan harian, sesuai yang telah dipelajari sepanjang semester. Sedangkan ujian nasional ataupun ujian sekolah, dilaksanakan di penghujung jenjang. Isinya tentu saja semua materi yang pernah diajarkan selama siswa berada di jenjang tersebut, baik SD, SMP atau SMA.

Karena prinsipnya yang sama, maka seharusnya tidak ada lagi siswa yang takut menghadapi Ujian Sekolah ataupun Ujian Nasional. Asal persiapan yang dilakukan matang, kesuksesan ujian hanya tinggal menanti. Berikut beberapa kiat yang bisa disiapkan saat menghadapi semua jenis ujian di sekolah!

  1. Pola pikir positif disertai niat untuk menggapainya

Manusia bertindak karena ada dorongan dari pikiran. Karena itu, dibutuhkan pola pikir yang benar jika ingin mencapai sesuatu. Tanamkan pola pikir sukses, dan fokuslah untuk menggapainya.

  1. Singkirkan hal-hal yang menghambat

Ada banyak sekali hambatan-hambatan siswa untuk belajar. Faktor utamanya adalah rasa malas. Ya, malas untuk belajar, memahami, menghafal atau bahkan hanya sekedar membaca! Akibatnya, belajar hanya jadi janji manis belaka. “Nanti saja, belajarnya. Sekarang mandi dulu, makan dulu, mengerjakan ini itu dulu, bermain dulu.” Akhirnya, smartphone mulai berbicara. Bukannya materi belajar, tapi justru media sosial, game dan berbagai hasil searching lain yang akhirnya bergoyang-goyang di depan mata. Tidak ada yang bisa menyingkirkan rasa malas ini selain diri sendiri dan bantuan dari orangtua. Abaikan dulu media sosial, game, atau keperluan-keperluan lain yang tak begitu penting.

  1. Manajemen waktu yang tepat

Tidak ada orang yang tidak sibuk. Apalagi jika anda adalah orangtua siswa yang juga aktif di organisasi. Coba gunakanlah skala prioritas, jika memang ada keperluan-keperluan yang harus diselesaikan, maka ajaklah anak belajar lebih dulu sebelum anda capek dan mengantuk. Tapi manajemen waktu yang ideal adalah dengan memiliki waktu belajar yang rutin dan berkala, bukan hanya saat menjelang ujian. Sediakan waktu belajar rutin setiap hari untuk membantu anak memahami kembali materi yang dipelajari tiap harinya.

  1. Strategi memahami materi pelajaran

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu anak memahami materi pelajaran, antara lain mengikuti les, memberi kesempatan kerja kelompok atau bertanya pada orang sekitar yang lebih memahami.

  1. Banyak-banyak berlatih soal

Memahami dan menghafal materi saja tidak akan membuahkan hasil yang memuaskan, jika tidak diimbangi dengan latihan. Banyak-banyaklah mengerjakan latihan soal untuk mempersiapkan diri sebelum ujian.

  1. Berdoa

Berdoa adalah cara yang paling bisa diandalkan setiap saat. Jika kita sudah mempersiapkan semua, maka tarik nafas, ambil air wudhu, sholat, selesai sholat kemudian pejamkan mata dan mulai berdoalah. Karena perjuangan tanpa doa juga bisa berujung sia-sia, keduanya harus seimbang!

Man Jadda Wajada!

Siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia yang akan berhasil.

Mari bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan segalanya.

Sumber : Pendidikan.id

Post Terkait

12 Feb 2024

HOMESTAY LEVEL 6

0 Komentar

KELUAR
× Hubungi Kami