Senin, 22 Jul 2024
  • Welcome to the SDIT Tunas Harapan Ilahi's webpage. We hope you enjoy exploring our website.

Persiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tahun Akademik 2024-2025

Tahun ajaran baru 2024-2025 telah tiba, dengan semangat untuk bersama “menjadi pusat pendidikan karakter Islam di Kota Tangerang” kami menyambut tahun ajaran 2024-2025  dengan harapan dan tekad untuk memberikan pendidikan terbaik bagi siswa-siswi SDIT Tunas Harapan Ilahi. Salah satu elemen penting dalam mencapai tujuan ini adalah persiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Beberapa persiapan yang telah kami lakukan diantaranya : 

  1. Training Leadership untuk Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Koordinator di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Tunas Harapan Ilahi oleh Founder THI dan Praktisi Pendidikan.
  2. Rapat Kerja Manajemen Unit yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Islam Tunas Harapan Ilahi.
  3. In House Training selama 3 hari untuk seluruh Guru dan Pegawai di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Tunas Harapan Ilahi.
  4. Rapat Kerja SDIT Tunas Harapan Ilahi tahun akademik 2024-2025.

Semua persiapan yang kami lakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam bidang-bidang berikut ini : 

1. Menguasai Kurikulum dan Rencana Pelajaran 

Guru harus memahami dengan baik kurikulum yang akan digunakan selama tahun ajaran ini. Pemahaman yang mendalam terhadap kurikulum akan membantu guru merancang rencana pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. 

2. Penguasaan Teknologi Pendidikan 

Di era digital ini, kemampuan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran sangatlah penting. Guru terus didorong untuk mampu mengembangkan keterampilan mereka dalam menggunakan alat-alat teknologi pendidikan, seperti platform e-learning, aplikasi pembelajaran, dan perangkat lunak presentasi. Hal ini akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif.

3. Pendekatan Pembelajaran Berpusat pada Siswa 

Setiap siswa memiliki gaya belajar dan kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, guru harus mampu mengimplementasikan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, yang memberikan ruang bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kecepatan dan cara yang paling efektif bagi mereka. Diferensiasi instruksi dan penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dapat membantu mencapai tujuan ini.

4. Pembinaan Hubungan dengan Siswa dan Orang Tua 

Interaksi positif antara guru dengan siswa dan orang tua sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Guru harus membuka komunikasi yang efektif dengan siswa untuk memahami kebutuhan dan tantangan yang mereka hadapi. Selain itu, kerjasama dengan orang tua juga harus dijalin agar mereka dapat mendukung proses pembelajaran di rumah. Seluruh guru dibekali dengan pelatihan kemampuan membangun komunikasi efektif dengan siswa dan orangtua.

Dengan persiapan yang matang dan komitmen yang tinggi, kami yakin seluruh guru di SDIT Tunas Harapan Ilahi akan mampu melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, menyenangkan dan inspiratif di tahun ajaran baru ini. Mari bersama-sama menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung, agar setiap siswa dapat mencapai potensi maksimal mereka.

Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Islam Terpadu oleh Prof Dr Sukro Muhab, M.Si (Ketua Dewan Pembina JSIT Indonesia)
Materi “Thinking Ability” oleh Ustadz Heru Sri Kabariyanto, S.Pd (Kepala Sekolah SMAIT Tunas Harapan Ilahi)
Materi “Personal Productivity” oleh Ustadz Agus Salim, S.Pd (Direktur YPI Tunas Harapan Ilahi)
Materi “Teamwork Building” oleh Ustadz Surono, S.M (Kepala Bidang SDM & Umum YPI Tunas Harapan Ilahi)
Materi “Classroom Management” oleh Ustadzah Zizah & Ustadzah Yunita (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum & Kesiswaan SDIT Tunas Harapan Ilahi)
Materi “Lingkungan Sekolah Ramah ABK” oleh Ustadzah Zakiyyah & Ustadzah Nurasiah Jamil (Koord Pendidikan Inklusi & GPK SDIT Tunas Harapan Ilahi)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR
× Hubungi Kami